Teknologi Mobil yang menjadi idaman orang-orang karena efisien dan

Teknologi yang tidak akan habisnya dan akan selaluberkembang dan berkembang. Pantas untuk dikatakan bahwa teknologi zamansekarang sudah berkembang di segala penjuru dunia. Dari benda-benda yangterkecil, seperti handphone dan lain-lain hingga benda yang bisa bergerak,seperti mobil tanpa pengemudi (autopilot car).

Jika dilihat dari namanya sudahjelas bahwa kendaraan ini sudah tidak memerlukan supir/pengemudi untuk bisabergerak. Sistem sensor yang ada pada mobil ini yang menjadikan bisa berkendaratanpa ada pengendali/pengemudi. Mobil yang menjadi idaman orang-orang karenaefisien dan sistem yang digunakan sangat simpel. Mobil ini bisa menjamin jarakdan waktu dalam berkendara, tetapi apakah menjamin dalam keamanan?. Persoalanini yang diperhitungkan oleh orang banyak. Dan ada beberapa cara dan solusiagar mobil tak berawak (autopilot car) dapat berfungsi sebagai mestinya dengankeamanan yang tinggi.            Tujuandari artikel ini adalah untuk mengetahui seberapa ketatkah keamanan pada mobiltak berawak, menjelaskan sistem keamanan yang baik dan efektif pada mobil takberawak, serta solusi dan cara agar keamanan mobil tak berawak tetap terjaga.

Best services for writing your paper according to Trustpilot

Premium Partner
From $18.00 per page
4,8 / 5
4,80
Writers Experience
4,80
Delivery
4,90
Support
4,70
Price
Recommended Service
From $13.90 per page
4,6 / 5
4,70
Writers Experience
4,70
Delivery
4,60
Support
4,60
Price
From $20.00 per page
4,5 / 5
4,80
Writers Experience
4,50
Delivery
4,40
Support
4,10
Price
* All Partners were chosen among 50+ writing services by our Customer Satisfaction Team

            Pertanyaanyang muncul pada artikel ini adalah  yangpertama yaitu, apakah keamanan pada mobil tak berawak ketat dan tidak mudahmengalami bencana. Yang kedua yaitu, sistem seperti apa yang seharusnyaditerapkan pada mobil tak berawak. Dan yang ketiga yaitu, solusi apa yangdilakukan agar keamanan mobil tak berawak tetap terjaga.

            Mobiltak berawak (Autopilot Car) adalah kendaraan roda empat/mobil yang menerapkansistem sensor gerak secara visual maupun audio sehingga mampu untuk berkendaratanpa dikendalikan oleh pengemudi/supir. Mobil yang menjadi pusat perhatiankarena sistem yang dipakai, yaitu Autopilot. Sebagian masyarakat di dunia sudahtertarik pada mobil dengan sistem autopilot ini. Terdapat 12sensor ultrasonik jarak jauh yang memiliki fungsi untukmendeteksi lingkungan sekitar mobil, di setiap arah, dan pada semua kecepatan.

Sensor digital tersebut diklaim memiliki tingkat presisi yang cukup tinggi dandikendalikan secara elektronik. Tak heran, beberapa negara didunia sudah mulai memproduksi kendaraan yang bermerk Tesla ini sejak tahun2015. Semisal, di negara Amerika Serikat yang sudah memproduksi ribuan mobiltak berawak menurut The Guardian. Tapi, apakah produksi mobil tersebut dapatdikatakan benar yaitu mencapai ribuan, apabila keamanan pada mobil tersebuttidak aman? Justru membuat penumpang yang ada didalamnya terancam.            BerdasarkanThe Guardian, terdapat 40.200 insiden kecelakaan mobil di Amerika Serikat.Sejumlah 6% diantaranya adalah kecelakaan mobil tak berawak.

Ini menandakanbahwa sistem keamanan yang rapuh dan belum menjamin keamanan berkendara padamobil tak berawak. Sistem keamanan ini yang seringkali mengundang kritik darimasyarakat. Mobil berteknologi tinggi, namun belum mampu menciptakan keamananyang tinggi. Tentu saja hal ini tidak logis dalam pandangan masyarakat. Jikamemang teknologi yang sudah berkembang mampu menciptakan mobil dengan inovasidan style baru, maka sudah pasti dari segi keamanannya pun terjaga dengan baik.Mobil ini belum dilengkapi oleh komponen-komponen yang mendukung agar siapmenghadapi suatu insiden secara spontan. Semisal, terjadi kecelakaan didepanmobil tersebut, mobil tak berawak ini tidak akan berhenti untuk sementara,karena sensor yang digunakan apabila terdapat dinding/sesuatu yang menghalangididepannya, otomatis akan menghindar dengan cara membelokkan mobil ke arahkanan ataupun kiri.

Dan sensor ini dianggap belum mumpuni untuk diterapkan padamobil tak berawak. Seandainya, di sebelah kanan dan kiri mobil tersebut ada kendaraanyang melintas atau pejalan kaki, maka akan terjadi kejadian yang tidakdiinginkan dan akan menambah insiden lagi. Walaupun begitu, pemerintah AmerikaSerikat belum menemui celah dan solusinya untuk menciptakan dan menambahkomponen yang seperti apa agar mobil tak berawak aman digunakan tatkala terjadisuatu insiden.            Selainkeamanan yang tidak terjamin dalam berkendara, mobil tak berawak juga belummampu menciptakan keamanan dalam mobil itu sendiri.

Contohnya ialah banyakterjadinya pembobolan mobil di Amerika Serikat. Walau jumlahnya tidak sebanyakkecelakaan lalu lintas, namun hal ini juga menjadi pertimbangan untuk mobil takberawak agar bisa menjadi mobil sederhana nan efisien dan aman untuk berkendaradi masa depan. Dengan berbagai cara mereka lakukan untuk membobol mobil takberawak. Dari pembobolan kunci hingga meretas melalui jaringan yang ada padamobil. Sistem keamanan yang harus dibenah agar kejadian seperti ini tidakmeluas dan mengancam para pengemudi mobil tak berawak.            DewanPerwakilan Rakyat Amerika Serikat mengatakan, mobil tak berawak membutuhkansebuah teknologi baru agar tidak dapat diretas oleh pihak yang tidakbertanggung jawab sekaligus menguatkan keamanan pada mobil tersebut. Merekamerencanakan akan menciptakan suatu teknologi yang hanya dapat diakses dandigunakan oleh si pemilik mobil apabila mobil dalam keadaan mati dan tidak adapemilik didalamnya (parkir).

Seperti, akses wajah dan pribadi pemilik, sensorsidik jari, serta aktuator. Cara ini diyakini dapat mengurangi tingkat kriminalpembobolan mobil. Adapun persoalan keamanan berkendara pada mobil tak berawaksebenernya sudah baik dan berjalan dengan semestinya. Pemerintah AmerikaSerikat menduga bahwa penginjakan pedal gas yang terlalu dalam sebelum sesaatkecelakaan yang membuat kecepatan pada mobil meningkat secara spontan danakhirnya tidak terkendali. Dalam produksi mobil tak berawak dalam kurun waktu 2tahun inipun dinilai hampir sempurna.

Hanya saja masih terjadi kecelakaan yangdiduga insiden tersebut terjadi karena kesalahan si pengemudi sendiri. Namun,bagaimana jika tidak terdapat pengemudi didalamnya melainkan hanya adapenumpang? Ini yang masih jadi bahan pembahasan oleh pihak berwajib Amerika Serikat yang akan terus dikembangkan lagi.Amerika Serikat belum menemukan adanya kendala pada mobil mereka yang sulitmenghindari suatu insiden.

Dan mereka belum memikirkan dampak sejauh itu padamobil tak berawak dikarenakan belum pantas untuk dikendarain di jalan tol/jalanbesar            Kesimpulanyang dapat diambil dari artikel ini adalah bahwasanya berbagai teknologiseperti apapun, jika memang insiden itu terjadi, maka tidak bisa berbuatapa-apa. Sekalipun menggunakan teknologi berbasis internasional, jika memangTuhan berkehendak, tidak ada yang bisa kita lakukan. Seperti halnya pada mobiltak berawak ini. Yang segi keamanannya akan terus menjadi bahan perbincangandari pihak Amerika Serikat. Keamanan yang dipandang khalayak belum pantas untukdigunakan karena keamanan yang masih rapuh, ataupun dengan mudahnya diretasoleh orang lain. Dan karena kejadian itulah, DPR Amerika Serikat merencanakanakan segera membuat komponen yang hanya mampu mendeteksi si pemilik, namunbelum mampu menemukan inovasi baru untuk bisa memperkuat keamanan dalamberkendara.

Karena, mereka menilai itu semua tergantung pada si pengguna.Apakah ia ingin safety ride, ataukah berkendara yang dapat membuat nyawanyaterancam.