Awal perusahaan tersbut maka muncul lah krisis keuangan amerika

Awal mula adanya krisis ekonomiglobal di amerika, yang sekarang menyebarluas ke negara-negara lain termasuk keIndonesia. Rakyat amerika menggunakan gaya hidup yang kosumerisme yang diluarbatas pendapatanya sehingga mereka hidup dalam hutang, berbelanja menggunakankartu kredit dan membayar kredit perumahan yang mereka tempati. AkibatnyaLembaga yang memberikan fasilitas kredit itu bangkrut karena kehilangan likuiditasnya,karena piutangperusahaan kepada para kreditor perumahan telah digadaikan kepada lembagapemberi pinjaman.

Dan perusahaan-perusahaan bangkrut karena perusahaan tersebutitu tidak bisa membayar hutang-hutang, semakin runtuhnya perusahaan tersbutmaka muncul lah krisis keuangan amerika dan terjadi penurunan volume impor danekspor negara- negara produsen berbagai produk yang selama ini sangat  dikonsumsi atau yang dibutuhkan oleh industriAmerika Serikat.6penyebab runtuhnya ekonomi di amerika serikat :1.     Penumpukkan hutang akibat keuangantidak lancar2.     Pengurangan pajak yang bedampak kependapatan negara3.     Terlalu banyak biaya yang keluardisaat perang irak dan afgannistan4.     Pengawaskeuangan CFTC (Commodity Futures Trading Commision) tidak mengawasi ICE (InterContinental Exchange) yang melakukan aktifitas perdagangan berjangka5.     Kerugian surat berharga propertykarena investor-investor telah mempercayai kepada perusahaan.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

6.     Dan keputusan suku bunga merah yangmengakibatkan spekulasi yang berlebihanSemakin lamanya krisisperekonomian amerika serikat berdapak kepada perekonomian global negara lainkarena saling berhubungan. Oleh karena itu Indonesia merasakan krisis ekonomiglobal karena Indonesia masih bergantung kepada investor-inverstor luar, denganadanya permasalahan jatuhnya nilai mata uang. Dana asing untuk menjalankanperusahaan-perusahaan dan pembangunan ekonomi hilang dan berakibat banyakperusahaan yang tidak bias menjalankan perusahaan nya dan tidak berdaya danpada akhirnya negara yang kembali menanggung hutang perbankan dan perusahaanswasta.Dan sekarang dampaknya banyakperusahaan-perusahaan yang mengurangi tenaga kerjanya sehingga beberapa tahunkedepan banyak sekali pengangguran-pengangguran dan tingkat kemiskinanmeningkat dikarenakan perekonomian tersebut tidak stabil.Solusinya adalah Indonesiaperlu membangun perekonomian yang daya tahan nya tinggi yang mampu berkembangmau keadaan apapun sehingga dapat bertahan dalam keadaan dinamis dankompetetif. Dengan adanya kasus krisis ekonomi global seperti ini Indonesiaharus bis lebih memikirikan bagaimana caranya menghadapi krisis krisis tersebutagar tidak akan terulang dimasa depan dan Indonesia harus mempunyai fondasiagar bisa menghadapinya kembali jika permasalahan krisis ekonomi globaltersebut terulang kembali. Apa yang terjadi di tahun 2011?Seiring berjalan nya waktu makabanyak sekali permasalahan-permasalahan yang akan dihadapinya termasuk krisisnegara yang akan menimbulkan suatu permasalahan yang besar mau negra majuataupun negara berkembang.

Seperti krisis finansial Eropa 2011.Kondisis buruk akibat krisisfinansial ini merugikan banyak sekali negara-negara yang ada didalam nya danmempengaruhi politik, ekonomi, dan keamanan. Indonesia mengalami demostrasiyang melumpuhkan aktivitas Jakarta dan menuntut presiden soeharto. Dan menyebabakanbanyak sekali perampokan dan tidakan anarkis akibat demostran.

Namun finansialdi eropa merupakan kemajuan ekonomi regional  yang sangat ideal, banyak negara-negara yangmasuk kedalamnya karena anggaran pemerintahnya dan dibarengi anggaran rasio nyasangat meningkat hutang rasio PDB. Bahkan defisit ini mengalami penurunanperekonomian sehingga terbatasnya ruang fiscal oleh dewan ekonomi America untukmelakukan upaya ekonomi regional. Perekonomian di Indonesiaakan semakin terbuka, kondisi finansial Indonesia akan sanagt rentan denganterjadinya shockbeksternal yang memilik implikasi signifikan dalam keadaanekonomi dan sosial di Indonesia. Sangat tidak relevan  bahwa perekonomian Indonesia tidak terkenadampak dari krisis finansial Eropa.

Ada beberapa pilar yang harus diperhatikan dan harus diperbaiki dalammenghadapi tantangan perekonomian global. Ada pilar ekonomi, kehidupan ekonomiyang akan bertahan di segala ancaman krisis harus diciptakan denganmengintegrasikan pertumbuhan ekonomi serta suplus anggaran  pemerintah,agar negara tidak terpaksa mengambil kebijakan yang harus mengorbankan industridan lapangan pekerjaan masyarakatnya, menjaga baik-baik industry danperusahaan-perusahaannya. Dan ada pilar keamanan, investasi akan datang jikanegara tersebut diniali aman dan tentram yang tidak bisa diganggu, seperti dinegara-negara Eropa